Header Ads

Usaha Kebun Sawit Masih Menjadi Primadona

SANGGAU - REPORTASE.ID,  Bisnis usaha perkebunan kelapa sawit masih menjadi primadona di Kabupaten Sanggau,  Kalimantan Barat. Terlebih saat ini mencari duit bisa dibilang sulit bagi kebanyakan orang.  Bagi pemilik lahan,  maka usaha perkebunan kelapa sawit menjadi pilihan.  Selain mudah mencari bibitnya dan penjualannya juga tidak sulit karena banyak pabrik kelapa sawit di Kabupaten Sanggau.

"Hanya dari segi perawatan kita akui sangat mahal karena pupuk didapat juga sulit dan relatif mahal, " ujar pengusaha kebun kelapa sawit,  H Jafar,  Minggu (21/01) kepada REPORTASE.ID saat kongkow di sebuah bilangan di Sanggau.

Kendati demikian lanjutnya,  bisnis sawit masih menjadi pilihan karena sawit yang mudah tumbuh di tanah Kalimantan." Mencari pekerjaan juga sulit saat ini,  maka usaha kebun sawit masih menjadi pilihan utama untuk mencukupi kebutuhan keluarga, " tukasnya.

Ia berharap agar pengusaha atau pemilik kebun juga tetap memperhatikan lingkungan.  Kebun kelapa sawit tergolong tanaman perkebunan tahunan dan membutuhkan banyak pupuk kimia sehingga bisa menyebabkan lingkungan dan kondisi tanah yang kurang baik.  "Jadi perlu juga diperhatikan ini karena jika tidak tanah diperkebunan juga menjadi tidak baik lagi.  Baik pori pori,  tektur tanah dan keseburannya,"  katanya menutup.  (mj)

Diberdayakan oleh Blogger.