Header Ads

Forum Adat Kembayan Gelar Ritual Tepung Tawar

SANGGAU - REPORTASE. ID, Sebagai tindaklanjut dari hasil rapat antara DAD dan MABM Kecamatan Kembayan dengan pihak PT. Tayan Bukit Sawit (TBS) di Hotel Gajah Mada, Pontianak (28/7/2017) membahas usulan Forum Temenggu Kecamatan Kembayan terhadap pihak PKS TBS Kembayan terkait Peresmian PKS TBS secara ritual adat dan kontribusi terhadap lembaga adat.

Ketua DAD Kecamatan Kembayan Yoseph Andi, SP kepada REPORTASE. ID mengatakan pihak PT. TBS menyetujui PKS TBS diresmikan secara ritual Adat Dayak dan Melayu serta memfasilitasi kontribusi yang diberikan suplier kepada DAD, MABM dan Forum Temenggung.

"Selain ritual dan peresmian tersebut pihak PKS TBS juga akan menjalankan Program CSR sesuai kemampuan perusahaan" kata Yoseph Andi menerangkan.

Dengan dipenuhinya tuntutan tersebut maka pihak DAD, MABM dan Forum Temenggung bertanggungjawab atas keamanan dan ketertiban di wilayah operasional PT TBS.

Sebelum pelaksanaan Acara Ritual Peresmian dimaksud DAD dan MABM Kecamatan Kembayan mengadakan ritual TEPUNG TAWAR di simpang jalan PKS TBS (31/7/2017).

"Yang kita lakukan pada hari ini merupakan hasil upaya para Temenggung melalui DAD dan MABM Kecamatan Kembayan. Kita berjuang atas nama lembaga, bukan atas nama pribadi. Kita yang dituakan tentu mengemban amanah dari masyarakat Adat Dayak dan Melayu Kecamatan Kembayan" ujar Yoseph Andi disela-sela acara ritual Tampung Tawar. 

"Melalui dana yang ada kita bisa memperhatikan penguatan kelembagaan masyarakat adat yang selanjutnya dituangkan dalam program DAD dan MABM secara transfaran" kata Yoseph Andi menambahkan.

Di tempat yang sama Ketua Forum Temenggung Kecamatan Kembayan SL Anyim mengatakan Ritual Tepung Tawar dilakukan oleh karena ada rencana pemagaran pada tanggal 1 Augustus 2017.

"Karena rencana pemagaran tersebut tidak dilaksanakan maka DAD dan MABM melaksanakan Ritual Adat Tepung Tawar, agar pihak perusahaan dan masyarakat sekitar PKS TBS tidak Kena Badi (Red. Dampak Negatif)" Kata SL Anyim yang akrab disapa Pak Beringin.

Pak SL Anyim menyampaikan ada program Temenggung Untuk membuat Taman Adat dan Rumah Batang Adat di Kecamatan Kembayan, oleh karena itu kita mohon pihak Adat dan Perusahaan serta Pemerintahan bisa mendukung.

"Setelah ini kita berharap ada surat penegasan distribusi melalui dana CSR dari perusahaan dan rencana pembangunan Taman Adat bisa terealisasi tentu melalui persiapan yang matang dan yang utama adalah kerjasama yang baik sehingga menghasilkan buah yang baik" lanjut Pak SL Anyim.

Perwakilan Pihak manajemen PT. TBS Suyanto juga mengharapkan ada kerjasama yang baik berbagai pihak.

"Ini merupakan awal perjuangan kita dalam membangun kerjasama antara pihak Manajemen PT. TBS dengan DAD dan MABM dalam hal perbedaan pendapat tentunya bukan pertentangan" Kata Pak Suyanto mewakili pihak TBS.

Yoseph Andi kembali mengingatkan agar DAD dan MABM turut menjaga kesepakatan yang sudah dibuat.
"Kita bertanggungjawab secara moral untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita" pungkas Yoseph Andi mengakhiri. (NdN)

Diberdayakan oleh Blogger.