Header Ads

Hari Pangan, Mentan Launcing Ekspor Beras ke Malaysia di Perbatasan

SANGGAU - REPORTASE.ID, Jumat tanggal 20 Oktober 2017, pukul 09.15 Wib, bertempat di lapangan bola Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat telah mendarat Menteri Pertanian RI, Bp. Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP beserta rombongan dengan menggunakan Helly Bell 412.

Rombongan Menteri Pertanian RI diantaranya Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Andika Perkasa, Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Ismawan, SE, MM,  Kepala Badan Ketahanan Pangan Prov. Kalbar, Bp. Agung Hendriadi dan Kapusdatin Kementan RI, Bp. Dr. Ir. Suwandi, M.Si.

Sementara itu,  turut menyambut rombongan Menteri Pertanian RI beserta rombongan yakni Bupati Sanggau, Bp. Paolus Hadi, S.I.P, M.Si,  Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Herry Purwanto, S.Sos,  Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito, SH, S.Ik, M.Si,  Wasekjen Menteri Pertanian Malaysia, Bp. Salehudin,  Wakil Ketua Pengadilan Sanggau, Bp. I Ketut Somanasa, SH,  Kadis Kabupaten Sanggau serta masyarakat kurang lebih 2.000 orang.

Kunjungan Menteri Pertanian RI beserta rombongan adalah dalam rangka Panen Padi Jarwo Super dan Launching Ekspor Beras Kalimantan Barat (Indonesia) ke Serawak (Malaysia) melalui PLBN  Entikong, Kabupaten Sanggau dan merupakan rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia ke-37 tahun 2017.

Dikatakan Mentan, perluasan lokasi sawah di Kabupaten Sanggau yang masuk ke areal hutan lindung menjadi terhambat terkait perijinan, dari Kementerian Pertanian akan berkomunikasi dengan Kementerian Kehutanan.

"Mari kita tanam padi dan jagung di daerah perbatasan, agar hasil produksi padi dan jagung dapat di ekspor ke negara tetangga Malaysia," ajak Mentan,  Amran Sulaiman.

Terkait Permasalahan bendungan irigasi di Merowi yang mengalami kerusakan, dari Kementerian Pertanian RI akan mendukung 2 exavator untuk menyelesaikan permasalahan irigasi tersebut. "Kita akan berikan bantuan dukungan handtraktor, bibit jagung, bibit padi, alat tanam dan pupuk untuk kelompok tani Kabupaten Sanggau.
 
Pada pukul 10.30 Wib, Menteri Pertanian RI beserta rombongan melepas Launching Ekspor Beras Kalimantan Barat-Indonesia ke Serawak-Malaysia melalui PLBN Entikong. Beras yang diekspor ke Serawak, Malaysia berjumlah 25 ton.
 
Kemudian pada Pukul 10.45 Wib, Menteri Pertanian RI beserta rombongan melaksanakan istirahat makan siang di Kantor Desa Tunggal Bhakti dan pukul 11.45 Wib, Menteri Pertanian RI beserta rombongan melaksanakan Sholat Jum'at di Masjid Jami' Hidayatullah, Ds. Tunggal Bhakti. Kemudian tepat pukul 12.28 Wib, Menteri Pertanian RI beserta rombongan take off menuju Pontianak.(mthry/dn)

Diberdayakan oleh Blogger.