Header Ads

Redes Dikukuhkan Sebagai Temenggung Ba' Pulou Desa Tanap

SANGGAU - REPORTASE.ID, Diawali dengan ritual adat dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pengukuhan Temenggung Ba' Pulou dilaksanakan di Balai Dusun Tanap, Desa Tanap, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin (14/8/2017).

Pengukuhan menggunakan Ritual Adat Tanah Muara ini dihadiri Forkopimcam Kembayan, Anggota DPRD Sanggau Yulia Montu, S. Sos dan Leonardo A. H Silalahi, S. H., M. H., DAD Kembayan, Para Temenggung sekecamatan Kembayan, Manajemen Perusahaan Sawit, PKS. TBS, KUD lingkup Kembayan, Pateh,  Kadat sekedesaan Tanap, RT dan segenap warga Desa Tanap.

REDES (50 Th) yang dikukuhkan menjadi Temenggung Ba' Pulou Desa Tanap Masa Bakti Tahun 2017 - 2022  sesuai SK DAD Kecamatan Kembayan Nomor: 107/DAD-KBY/2017, tanggal 14 Augustus 2017  menyampaikan terimakasih kepada segenap warga Desa Tanap yang telah mempercayainya melalui pemilihan Temenggung Desa Tanap pada tanggal 11 Juni 2017 silam. 
"Temenggung merupakan jabatan yang mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat adat, oleh karena itu saya berusaha mengemban amanah ini dengan baik dan juga mendukung terwujudnya Visi dan Misi DAD Kecamatan Kembayan" ujar Redes dalam sambutannya.

Mewakili masyarakat dan Pemerintahan Kades Tanap Bewianus, S. Th mengucapkan selamat kepada Temenggung Ba' Pulou yang sudah dikukuhkan. "Temenggung sudah dikukuhkan dan kita berharap kerjasama antara pihak Pengurus Adat dengan Pemerintahan baik Desa maupun Kecamatan" ujarnya.

Senada juga disampaikan oleh Ketua DAD Kecamatan Kembayan Yoseph Andi, SP, Temenggung harus bisa bekerjasama dengan berbagai pihak dalam pelayanan bukan hanya simbol saja.

"Mewujudkan Masyarakat Adat Dayak yang berbudaya dan bermartabat serta memiliki jati diri sehingga dihormati oleh masyarakat dayak sendiri maupun masyarakat lainnya merupakan Visi yang harus menjadi pedoman, motivasi dan semangat dalam mengemban tugas sebagai Temenggung terutama dalam menegakkan kebenaran, keadilan dan Kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat" papar Pak Yoseph Andi menegaskan.

Mewakili Camat Kembayan dalam sambutannya Danramil Kembayan I Dewa Ketut W mengingatkan agar masyarakat adat tetap menjaga kebutuhan NKRI. 

"Kita semua harus menjaga Kamtibmas dan NKRI, untuk itu sesuai pesan panglima TNI, seluruh Agama Lintas Sektoral untuk berdoa bersama di tempat ibadah masing-masing, pada tanggal 17 Augustus 2017 Jam 17.00 WIB,  menggunakan ikat Kepala Merah Putih" himabunya.

Di temui REPORTASE. ID, Ketua Panitia Pengukuhan Temenggung Albertus menyampaikan terimakasih kepada semua pihak. 

"Acara pengukuhan ini bisa sukses berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, namun kami juga menyadari acara ini masih ada kekurangannya, oleh karena itu kami mohon maaf dan terima kasih kepada semuanya" pungkas Albertus. (NdN)

Diberdayakan oleh Blogger.